Wednesday 17 March 2021

Intro SELINITRA

    Hai, teman baru SELINITRA!

   Di postingan blog pertama ini kita berkenalan terlebih dahulu, yuk!

   Saya seorang mahasiswa salah satu universitas di Jakarta dan merupakan blogger baru yang masih dalam tahap belajar ingin membagikan apapun yang semoga bisa memberi hiburan atau manfaat bagi kalian yang singgah ke blog yang diberi nama SELINITRA ini.

  Mengapa diberi nama SELINITRA?

  SELINITRA adalah singkatan dari Selipan Seni Sastra. Sesuai dengan namanya, SELINITRA nantinya akan menjadi tempat berbagi banyak hal yang tiap postingannya diselipkan karya seni ataupun karya sastra yang relevan dengan topik utama postingan tersebut dan tentunya karya seni dan sastra yang diselipkan dibuat oleh saya sendiri. Karya seni ataupun sastra yang nantinya akan saya selipkan dapat berupa puisi, pantun, cerpen, musik, dan lain-lain tergantung pada inspirasi, imajinasi, dan suasana hati saya hehehe...

   Dikarenakan postingan dan selipan seni sastra ini saya buat sendiri tentu saya membutuhkan saran ataupun kritik dari teman-teman sekalian agar dapat menjadi bahan pembelajaran dan saya dapat terus menjadi lebih baik serta berkembang dalam membuat karya seni dan sastra.

   Sebagai permulaan saya akan selipkan sebuah puisi yang saya buat pada 16 Maret 2019 di buku catatan saya. Waktu itu puisi ini saya buat dalam rangka mengikuti giveaway di Instagram yang bertemakan ulangtahun Goo Junhoe, salah seorang anggota boyband Korea Selatan yaitu iKON. Tapi sayangnya saya kurang beruntung dan tidak berhasil mendapatkan giveaway itu hehe..

    Untuk makna dari puisi yang saya buat ini adalah di umur Junhoe yang bertambah setiap tanggal 31 Maret saya berharap dan berdoa agar ia semakin dewasa dalam bertindak, kariernya semakin sukses, hidupnya selalu dilingkupi kebahagiaan, dan tetap ingat pada Tuhan yang senantiasa menjaganya. Penggunaan kata rumput dalam puisi ini merujuk pada usia seseorang sehingga ketika rumput mulai tumbuh artinya saat itulah seseorang lahir ke dunia dan ketika rumput bertambah satu demi satu artinya usia seseorang itu bertambah satu setiap tahun.


Goo Junhoe

Karya : SELINITRA Admin (B.Y.F.)


Junhoe

Begitulah rumput pagi menyapamu

Tumbuh setangkai saat kau lahir

Tambah setangkai tiap 31 Maret


Kamu bertambah usia


Dewasa,

bertunas di jiwamu


Jaya,

merambat di nyawamu perlahan


Bahagia,

lekat sejak kamu lahir

sejak rumput pagi tumbuh


Sang Pencipta,

menetap di hatimu

menjagamu tak tahu waktu


    Nah, seperti itulah puisi pertama di blog ini. Puisi ataupun karya seni dan sastra lainnya tentu tidak akan selalu berhubungan dengan Korea Selatan atau KPOP sehingga kalian tidak perlu khawatir jika kalian ingin mencari referensi karya seni dan sastra tetapi tidak tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan Korea Selatan dan KPOP. 

    Jika ada yang masih bingung dengan puisinya, diperbolehkan bertanya. Jika ada yang memiliki saran atau kritik untuk puisi maupun artikel ini, diperbolehkan berpendapat. Asalkan tetap sopan dan santun dalam menyampaikannya ya.

    Terimakasih.


 Salam hangat,

SELINITRA Admin

4 comments:

  1. Replies
    1. Hai, teman SELINITRA!
      Terimakasih sudah singgah dan berkomentar. Nanti datang lagi ya untuk membaca artikel baru lainnya yang tentunya terselip karya seni dan sastra yang semakin lebih baik dan menarik.

      Delete
  2. Keren bgt puisinya.. Jd pengen blajar sm adminnya nih hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, teman SELINITRA!
      Terimakasih sudah singgah dan berkomentar. Nanti datang lagi ya untuk membaca artikel baru lainnya yang tentunya terselip karya seni dan sastra yang semakin lebih baik dan menarik.

      Delete

Menyapa dan Bercerita Sedikit pada Selinitra

Hai, sudah lama tempat ini tak disinggahi. Kalau kata orang-orang, "sudah berdebu, banyak sarang laba-labanya" Berbagai tulisan se...